PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAK BOLA AMPAT
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.10121422Keywords:
Pengembangan, Model, sepak bolaAbstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan pada muatan pembelajaran sepak bola siswa kelas atas SDN 88 Sipatana terdapat Temuan-temuan yang menjadi penghambat pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini, yakni : 1) mengembangkan model permainan Sepak bola Ampat; 2) menguji keefektifan model; 3) menguji keterterimaan model. Penelitian dan pengembangan adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk menghasilkan model melalui pengujian keefektifan dan keterterimaan produk. Uji keefektifan model menggunakan Product Moment Pearson dan Cronbach's Alpha. Uji keterterimaan model menggunakan konversi data kualititatif skala 5. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa : 1) 70,69% atau 22 siswa merespon model dengan sangat baik; 2) 29,03% atau 9 siswa merespon model dengan baik.
Downloads
References
Abdurrochim, M., & Rachman, H. A. (2016). Pengembangan Model Permainan Bola Tangan Untuk Anak Usia Sekolah Dasar Kelas Atas. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 60–73. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8136
Adi, S., & Fathoni, A. F. (2019). Development of Learning Model Based on Blended Learning in Sports School. https://doi.org/10.2991/acpes-19.2019.2
Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020a). Blended Learning Analysis for Sports Schools in Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 14(12), 149–164. Retrieved from https://www.online-journals.org/index.php/i-jim/index
Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020c). The effectiveness and efficiency of blended learning at sport schools in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change.
Atmaja, N. M. K., & Anggorowati, K. D. (2019). Pengembangan Model Permainan Sepaktakraw Sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 6(1).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi Kesembilan. Semarang : penerbit Undip
Gunawan, D.C., Wiguno, L.T.H., Kurniawan, A.W., Mu’arifin. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sepak bola Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Sport Scince and Health, 3(4). https://doi.org/10.17977/um062v3i42021p167-179
Haris, I. N. (2018). Model Pembelajaran Peer Teaching Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 4(1), 2461–3961. http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/191
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Di Tengah Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Science and Physical Education, 8(1), 1–7.
Husdarta, H. J. S. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung : Alfabeta.
Kuswoyo, D. D. (2018). Identifikasi Tingkat Keterampilan Sepak Bola Siswa Putra Kelas V SDN Monta Kecamatan Monta Kabupaten Bima Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 6–10. https://doi.org/10.24114/jik.v17i2.12297
Kuswoyo, D. D., Fadlih, A.M. (2021). Pengembangan Permainan Sepak bola Modifikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Physical Education and Sport, 03(02) 2021. https://doi.org/10.35724/mjpes.v3i02.3650
Nugraha, A. C. (2012). Mahir Sepak Bola (D. Anggoro, Ed.; 1st ed.). Nuansa Cendekia.
Pratama, R. R. (2019). Pengaruh Gizi, Motivasi dan Percaya Diri Terhadap Prestasi Atlet Sepak bola Universitas Sriwijaya. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 37. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.37-42
Siahaya, A. (2021). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Karakter (Konsep dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen). E-Book Halaman 40. Indramayu-Jawa Barat : Penerbit Adab
Sinaga, O. (2017). Pengembangan Model Permainan “tembak Kaleng” Sebagai Alternatif Variasi Permainan Bola Kecil Dalam Pembelajaran Penjasorkes Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 7(3). https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i3.9262
Soegiyono. (2017a). Metode Penelitian dan Pengembangan, Research and Development. Untuk Bidang : Pendidikan Manajemen Sosial Teknik. Cetakan ke-5. Bandung : CV. Alfabeta
Soegiyono. (2017b). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Suherman, A. (2000). Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta : Depdiknas
Sumerta, I. K., Santika, I. G. P. N. A., Dei, A., Prananta, I. G. N. A. C., Artawan, I. K. S., & Sudiarta, I. G. N. (2021). Pengaruh Pelatihan Circuit Training Terhadap Kelincahan Atlet Sepakbola. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 230-238. https://doi.org/10.5281/zenodo.4460071
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bayu Hidayat Basuki, Hariadi Said, Aisah R. Pomatahu, Mirdayani Pauweni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.