PELAKSANAAN PROGRAM IDENTIFIKASI KEBERBAKATAN OLAHRAGA : MENGGALI POTENSI ATLET MUDA DI SEKOLAH DASAR KOTA MAKASSAR

Authors

  • Muslim Bin Ilyas Universitas Negeri Makassar
  • Asri Awal Universitas Negeri Makassar
  • Andi Sahrul Jahrir Universitas Negeri Makassar
  • Muslim Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.13958805

Keywords:

identifikasi bakat, sekolah dasar, pembinaan olahraga

Abstract

Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi bakat olahraga siswa di sekolah dasar Kota Makassar, dengan fokus menggali potensi atlet muda sejak dini. Identifikasi bakat olahraga pada usia dini sangat penting untuk pengembangan atlet yang berkelanjutan, terutama dalam mendukung pembinaan atlet usia muda secara sistematis dan terarah. Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi siswa berbakat dalam berbagai cabang olahraga dan memberikan dasar untuk pembinaan lanjutan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah kombinasi tes fisik dan psikologis. Prosedur kegiatan meliputi sosialisasi kepada guru, orang tua, dan siswa; pelaksanaan tes bakat olahraga di sekolah dasar; dan analisis hasil untuk menyusun profil individu siswa. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, pengukuran fisik, serta wawancara. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki potensi yang baik dalam beberapa cabang olahraga seperti sepak bola, bola basket, bola voli, renang dan atletik. Program ini berhasil mengidentifikasi siswa dengan kemampuan fisik dan minat yang signifikan terhadap olahraga tertentu, yang selanjutnya dapat diarahkan untuk pembinaan lebih lanjut. Selain itu, program ini juga meningkatkan kesadaran sekolah dan orang tua akan pentingnya pembinaan olahraga sejak usia dini. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pelaksanaan program identifikasi keberbakatan olahraga di sekolah dasar Kota Makassar efektif dalam menggali potensi atlet muda. Untuk memastikan pengembangan yang optimal, diperlukan dukungan berkelanjutan dari pihak sekolah, orang tua, serta pelatihan dan program lanjutan bagi siswa yang teridentifikasi berbakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, M. I. M. (2024). Mengeksplorasi Hubungan Antara Aerobic Exercise dan Cardiorespiratory Fitness pada Anak-Anak : Tinjauan Literatur. Indonesian Journal of Physical Activity, 4(1), 103–114. https://doi.org/10.59734/ijpa.v4i1.63

Aziz, M. I. M. (2024). Mengeksplorasi Hubungan Antara Aerobic Exercise dan Cardiorespiratory Fitness pada Anak-Anak : Tinjauan Literatur. Indonesian Journal of Physical Activity, 4(1), 103–114. https://doi.org/10.59734/ijpa.v4i1.63

Aziz, M. I. M., & Sufitriyono, S. (2024). A Study of the Quality and Availability of Physical Education Infrastructure Senior High School Physical Education Infrastructure : A Case Study of Makassar City. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 6(3), 352–363. https://ejournal.unmus.ac.id/index.php/physical/article/view/6255

Gunadi, D. (2018). Peran Olahraga dan Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Ilmiah Spirit, 18(3). https://doi.org/10.36728/jis.v18i3.777

Juni Samodra YT, Suryadi D, Wati IDP, Supriatna E, Santika IGPNA, Suganda MA, Dewi PCP. Analysis of gross motoric analysis of elementary school students: A comparative study of students in hill and coastal areas. Pedagogy of Physical Culture and Sports. 2023;27(2):139-45. https://doi.org/10.15561/26649837.2023.0206

Martindale, R. J., Collins, D., & Daubney, J. (2005). Talent development : A guide for practice and research within sport. Quest, 57(4), 353–375. https://doi.org/10.1080/00336297.2005.10491862

Mashud, Arifin S, Kristiyandaru A, Samodra YTJ, Santika IGPNA, Suryadi D. Integration of project based learning models with interactive multimedia: Innovative efforts to improve student breaststroke swimming skills. Physical Education of Students. 2023;27(3):118-25. https://doi.org/10.15561/20755279.2023.0304

Muanescu, C. O. (2017). Aspects Regarding Speed and Acceleration Training in Football. Marathon, IX, 37–42. https://marathon.ase.ro/pdf/vol9/6-Catalin.pdf

Nurulita, R. F., & Aziz, M. I. M. (2024). Pembelajaran Aktif Melalui Gerakan : Mengeksplorasi Hubungan Motorik-Kognitif dalam Konteks Pendidikan Jasmani. Journal Physical Health Recreation (JPHR), 4(2), 494–504. https://doi.org/10.55081/jphr.v4i2.2397

Sałabun, W., Wieckowski, J., & Wkatróbski, J. (2022). Swimmer Assessment Model (SWAM) : expert system supporting sport potential measurement. Ieee Access, 10, 5051–5068. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/9673753

Santika, I. G. P. N. A., Adiatmika, I. P. G., Samodra, Y. T. J. ., Subekti, M., Tirtayasa, K., Purnawati, S., Suryadi, D., Syam, A., Sinulingga, A., & Hidayat, S. (2024). El impacto de COVID-19 en la resistencia de los jugadores de Kabaddi: una experiencia adversa digna de mención (The impact of COVID-19 on the stamina of Kabaddi players: a noteworthy adverse experience). Retos, 57, 896–902. https://doi.org/10.47197/retos.v57.102845

Santika, I. G. P. N. A., Pranata, I. K. Y., & Festiawan, R. (2020). The Effectiveness of Jogging Sprint Combination Training on Students Fat Levels. Journal of Physical Education Health and Sport, 7(2). https://doi.org/10.15294/jpehs.v7i2.27020

Saputra, E., Wahyudi, I., & others. (2022). Tinggi Badan dan Keseimbangan Dinamis dengan Kemampuan Lay Up Permainan Bola Basket : Apakah Saling Berhubungan? Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 2(2), 67–74. https://doi.org/10.52188/ijpess.v2i2.276

Soedjatmiko, S. (2015). Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(2), 57–64. https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i2.4588

Suryadi D, Okilanda A, Yanti N, Suganda MA, Mashud, Santika IGPNA, Vanagosi KD, Hardinata R. Combination of varied agility training with small sided games: How it influences football dribbling skills?. Pedagogy of Physical Culture and Sports. 2023;27(3):190-7. https://doi.org/10.15561/26649837.2023.0302

Till, K., & Baker, J. (2020). Challenges and [possible] solutions to optimizing talent identification and development in sport. Frontiers in Psychology, 11, 664. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00664

Yasa, I. G. P. S., Subekti, M., Sumerta, I. K., & Santika, I. G. P. N. A. (2022). Pelatihan Barrier Jump Setinggi 50 Cm 10 Repetisi 4 Set terhadap Daya Ledak Otot Tungkai. Bajra : Jurnal Keolahragaan, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.5281/zenodo.6489358

Yuksel, M. F., & Sevindi, T. (2018). Physical fitness profiles of sitting volleyball players of the Turkish national team. https://hdl.handle.net/20.500.12451/3118

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Ilyas, M. B., Awal, A., Jahrir, A. S., & Muslim. (2024). PELAKSANAAN PROGRAM IDENTIFIKASI KEBERBAKATAN OLAHRAGA : MENGGALI POTENSI ATLET MUDA DI SEKOLAH DASAR KOTA MAKASSAR. Bajra : Jurnal Keolahragaan, 3(2), 59–68. https://doi.org/10.5281/zenodo.13958805