STUDI IMPLEMENTASI OLAHRAGA PENDIDIKAN BERDASARKAN PAYUNG HUKUM KEOLAHRAGAAN : TINJAUAN TERHADAP PERANANNYA DALAM PEMBANGUNAN

Authors

  • Muhammad Gilang Ramadhan Universitas Negeri Jakarta
  • Iwan Setiawan Universitas Negeri Jakarta
  • Saipulloh Ibrahim Universitas Negeri Jakarta
  • Made Bang Redy Utama Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.16932565

Keywords:

implementasi, kebijakan, keolahragaan, pendidikan, undang-undang

Abstract

Pembinaan dan pengembangan olahraga pendidikan termasuk dalam ruang lingkup yang diatur oleh Undang-Undang Keolahragaan. Tanggung jawab pelaksanaannya berada di bawah kewenangan dua instansi pemerintah, yakni Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) serta Dinas Pendidikan (Disdik). Oleh karena itu, sinergi antara kedua lembaga tersebut menjadi kunci utama dalam mengoptimalkan fungsi pembinaan dan pengembangan olahraga pendidikan. Namun demikian, hingga saat ini belum terjalin sinergi yang optimal antara keduanya, khususnya dalam hal penyusunan dan implementasi kebijakan yang mendukung pengembangan olahraga pendidikan secara lebih efektif. Akibatnya, siswa sebagai subjek utama dari kebijakan tersebut kurang mendapatkan dampak yang positif. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi kebijakan olahraga pendidikan yang berlandaskan pada Undang-Undang Keolahragaan, yang secara konseptual menekankan bahwa olahraga memiliki kontribusi terhadap pembangunan secara luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang dilaksanakan di Provinsi Daerah Khusus Jakarta (DKJ). Meskipun DKJ tidak lagi berstatus sebagai ibu kota negara, dinamika pemerintahan terkait pengelolaan olahraga pendidikan masih berpusat di wilayah ini. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi wawancara, observasi lapangan, serta studi terhadap dokumen terkait. Data dianalisis dengan berfokus pada tiga komponen utama dalam menilai implementasi, yaitu Program yang dijalankan, pihak yang menjalankan program, dan pihak yang terdampak dari program tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi olahraga pendidikan telah sejalan dengan ketentuan dalam Undang-Undang Keolahragaan. Meskipun demikian, masih terdapat sejumlah kekurangan serta ketimpangan dalam penerapannya di beberapa aspek yang ditemukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bailey, R., Armour, K., Kirk, D., Jess, M., Pickup, I., & Sandford, R. (2009). The educational benefits claimed for physical education and school sport: An academic review. Research Papers in Education, 24(1), 1–27. https://doi.org/10.1080/02671520701809817

Coakley, J. (2010). Journal of Physical Education, Recreation & Dance The " Logic " of Specialization The " Logic " of Specialization: Using Children for Adult Purposes. Journal of Physical Education, Recreation & Dance. https://doi.org/10.1080/07303084.2010.10598520

Curran, K., Bingham, D. D., Richardson, D., & Parnell, D. (2014). Ethnographic engagement from within a Football in the Community programme at an English Premier League football club. Soccer and Society. https://doi.org/10.1080/14660970.2014.920627

Edwards, A., & Skinner, J. (2009). Qualitative research in sport management. In Qualitative Research in Sport Management. https://doi.org/10.4324/9780080942629

Harris, S., & Houlihan, B. (2016). Competition or coalition? Evaluating the attitudes of National Governing Bodies of Sport and County Sport Partnerships towards School Sport Partnerships. International Journal of Sport Policy, 8(1), 151–171. https://doi.org/10.1080/19406940.2015.1024708

Hunt, K., Wyke, S., Gray, C. M., Anderson, A. S., Brady, A., Bunn, C., Donnan, P. T., Fenwick, E., Grieve, E., Leishman, J., Miller, E., Mutrie, N., Rauchhaus, P., White, A., & Treweek, S. (2014). A gender-sensitised weight loss and healthy living programme for overweight and obese men delivered by Scottish Premier League football clubs (FFIT): A pragmatic randomised controlled trial. The Lancet. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(13)62420-4

Kendellen, K., Camiré, M., Bean, C. N., Forneris, T., & Thompson, J. (2017). Integrating life skills into Golf Canada’s youth programs: Insights into a successful research to practice partnership. Journal of Sport Psychology in Action. https://doi.org/10.1080/21520704.2016.1205699

Ma’mun, A. (2019). Governmental Roles in Indonesian Sport Policy: From Past to Present. International Journal of the History of Sport. https://doi.org/10.1080/09523367.2019.1618837

Muhlisin, M., Paramitha, S. T., Purnama, Y., Qomarullah, R., & Ramadhan, M. G. (2021). Sport of Policy Analysis and Evaluation: a Systematic Literature Review. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan). https://doi.org/10.33503/jp.jok.v5i1.1677

Mwaanga, O., & Adeosun, K. (2019). Reconceptualizing sport for development and peace (SDP): an ideological critique of Nelson ‘Madiba’ Mandela’s engagement with sport. Sport in Society, 0437. https://doi.org/10.1080/17430437.2019.1584184

Mwaanga, O., & Prince, S. (2016). Negotiating a liberative pedagogy in sport development and peace: understanding consciousness raising through the Go Sisters programme in Zambia. Sport, Education and Society, 21(4), 588–604. https://doi.org/10.1080/13573322.2015.1101374

Nauright, J. (2020). Sport for development and peace. In Routledge Handbook of Sport, Race and Ethnicity. https://doi.org/10.4324/9781315745886-11

Paramitha, S. T., Komarudin, Fitri, M., Anggraeni, L., & Ramadhan, M. G. (2022). Rethinking the Relationship between Technology and Health through Online Physical Education during the Pandemic. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(1), 132–144. https://doi.org/10.46328/ijemst.2165

Parnell, D., Cope, E., Bailey, R., & Widdop, P. (2017). Sport policy and English primary physical education: the role of professional football clubs in outsourcing. Sport in Society, 20(2), 292–302. https://doi.org/10.1080/17430437.2016.1173911

Parnell, D., & Pringle, A. (2016). Football and health improvement: an emerging field. In Soccer and Society. https://doi.org/10.1080/14660970.2015.1082753

Prayoga, I. G. A. B., Sugianta, I. W., & Suarjana, I. N. (2022). Memanfaatkan Pembelajaran Resiprokal dalam Bimbingan Kelompok sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar Permainan Bulutangkis. Bajra : Jurnal Keolahragaan, 1(2), 52–60. https://doi.org/10.5281/zenodo.7124813

Ramadhan, M. G., Ma’mun, A., & Mahendra, A. (2020). Implementasi Kebijakan Olahraga Pendidikan sebagai Upaya Pembangunan Melalui Olahraga Berdasarkan Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan. https://doi.org/10.17509/jtikor.v5i1.23824

Ramadhan, M. G., Paramitha, S. T., Ma’mun, A., Nuryadi, N., & Juliantine, T. (2022). Analysis of Elite Sports Development Patterns through Sports Education. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(4), 868–893. https://doi.org/10.46328/ijemst.2619

UNESCO. (2014). World-wide Survey of School Physical Education. In Unesco.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Ramadhan, M. G., Setiawan, I., Ibrahim, S., & Utama, M. B. R. (2025). STUDI IMPLEMENTASI OLAHRAGA PENDIDIKAN BERDASARKAN PAYUNG HUKUM KEOLAHRAGAAN : TINJAUAN TERHADAP PERANANNYA DALAM PEMBANGUNAN. Bajra : Jurnal Keolahragaan, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.5281/zenodo.16932565

Issue

Section

Articles