PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN GERAK LOKOMOTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.16884773Keywords:
model pembelajaran, lokomotor, permainanAbstract
Gerak Lokomotor merupakan kemampuan yang harus dipelajari oleh siswa sekolah dasar untuk membentuk pengalaman gerak yang lebih kompleks.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran gerak lokomotor berbasis permainan sebagai bahan ajar bagi siswa kelas rendah di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE, yang mencakup lima tahap mulai dari analisis hingga validasi oleh ahli. Model pembelajaran ini disusun berdasarkan teori gerak lokomotor dari buku FUN Start MOVE Smart! Parents’ Companion for Growing Active Learners Abecedarian MOVEment Skill. Setelah model dirancang dalam bentuk buku, dilakukan validasi oleh tiga pakar melalui expert judgement. Buku ini menyajikan desain permainan yang dirancang agar mudah dipahami dan diterapkan oleh siswa, serta dapat digunakan oleh guru dan orang tua untuk mendukung pembelajaran keterampilan motorik dasar secara menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa sebanyak 20 model pembelajaran gerak lokomotor dinyatakan layak untuk digunakan kepada siswa sekolah dasar sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik anak.
Downloads
References
Adji, B. S., & Wibowo, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor pada Siswa Sekolah Dasar melalui Modifikasi Permainan TIC TAC TOE. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 11(2). https://doi.org/10.55081/jsbg.v11i2.1390
Bhakti Hartanto SMAN, M., Mareti. (2018). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas X SMA Negeri 1 Cianjur. Universitas Suryakancana : Cianjur
Faridy, F., Fitri, M., & Fikri, M. (2024). Pendekatan Guru dalam Mengoptimalkan Pengembangan Motorik di PAUD Bungong Seurune Aceh Besar. Jurnal Raudhah, 12(1). http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i1.3353
Indrawathi, N. L. P., Citrawan, I. W., & Santika, I. G. P. N. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kombinasi Metode Drill terhadap Hasil Belajar Servis Bola Voli . SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 216-222. https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.237
Nurisma Riswandi, F. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Pengembangan Model Permainan Sirkuit Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1).
Nurul Qomariah, D., Hamidah, S., & Pendidikan Islam Anak Usia Dini STITNU Al-Farabi Pangandaran, J. (2022). Menggali Manfaat Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar : Konteks Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 7(1). https://doi.org/10.37058/jpls.v7i1
Pendidikan Guru, F., Dasar, S., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). EDUSTUDENT : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Januari. 121–127.
Pendidikan, K., Kebudayaan Badan Penelitian, D., Perbukuan, D., & Penelitian Kebijakan, P. (2020). Penguatan Ranah Psikomotorik Siswa Sekolah Dasar. https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id
Penelitian, A., Riyanto, I. A., Kristiyanto, A., & Kunta Purnama, S. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Motorik Berbasis Permainan Untuk Anak Sekolah Dasar Usia 9-10 Tahun. In Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia (Vol. 6). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki
Rawe, T. (n.d.). Penerapan Model Addie Dan Self-Directed Learning Pada Program English Study At Home Berbasis E-Learning Di Eye Level Citra Gran Cibubur.
Rejeki, H. S., Gunawan, D., Kunci, K., Pengembangan, :, Gerak, P., & Lokomotor, D. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penjaskesrek, 8(2).
Samodra, Y. T. J., Suryadi, D., Wati, I. D. P., Supriatna, E., Santika, I. G. P. N. A., Suganda, M. A., Dewi, P. C. P. (2023). Analysis of gross motoric analysis of elementary school students: A comparative study of students in hill and coastal areas. Pedagogy of Physical Culture and Sports. 27(2):139-45. https://doi.org/10.15561/26649837.2023.0206
Sari, Y. Y., Ulfani, D. P., Ramos, M., & Padli. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657
Sulistia, T., Djamahar, R., Rahayu, S. (2018). Hubungan Kualitas Tidur dan Aktivitas Fisik Dengan Hasil Belajar Kognitif Sistem Koordinasi Manusia. Didaktika Biologi : Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2). https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i2.1785
Ulfa Rimayanti S-, F., Jasmani, P., Rekreasi, dan, Ilmu Keolahragaan, F., & Budi Prihanto S-, J. (2017). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 05 Nomor 03 Tahun. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Ulfah, A., Mashud. (2024). Inovasi model pembelajaran pendidikan jasmani untuk meningkatkan karakter kejujuran siswa. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 23(4), 436–445. https://doi.org/10.20527/multilateral.v23i4.22035
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saipulloh Ibrahim, Mustara Musa, Slamet Sukriadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

















