MEMANFAATKAN PEMBELAJARAN RESIPROKAL DALAM BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BULUTANGKIS

Authors

  • I Gede Ady Bayu Prayoga Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Wayan Sugianta Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Nyoman Suarjana Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7124813

Keywords:

pembelajaran resiprokal, bulutangkis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan kemampuan prestasi belajar siswa kelas IX setelah diberikan model Resiprokal dengan belajar kelompok pada mata pelajaran Penjaskes dengan penekanan pada teknik dasar bulu tangkis. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX Semester I SMP PGRI Gianyar 3 Ubud Tahun Pelajaran 2017/2018 yang keseluruhannya dijadikan sampel penelitian mempergunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan pembelajaran resiprokal pada siklus I 7,4% dengan nilai rata-rata 73 serta pada siklus II diperoleh peningkatan 9,5% dengan nilai rata-rata 80. Dari semua perolehan data tersebut, sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa penerapan model pembelajaran resiprokal telah dapat memberikan keberhasilan terhadap peningkatan kemampuan teknik dasar permainan bulutangkis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara, E. (2016). Upaya Memperbaiki Hasil Belajar Pukulan Servis Pendek Forehand Permainan Bulutangkis Melalui Gaya Mengajar Resiprokal pada Siswa Kelas X MA Taman Pendidikan Islam Medan Tahun 2016/2017. Medan : Universitas Negeri Medan

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Idrus, A. (2009). Manajemen Pendidikan Global Visi, Misi dan Adaptasi. Jakarta : Gaung Persada Press

Irwanto, E. (2017). Pengaruh Metode Resiprokal dan Latihan Drill terhadap Peningkatan Ketrampilan Teknik Dasar Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 6(1), 10-20. https://doi.org/10.31571/jpo.v6i1.570

Pradipta, D. (2018). Upaya Memperbaiki Hasil Belajar Bulutangkis dengan Gaya Mengajar Resiprokal pada Siswa SMA. Medan : Seminar Nasional Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Medan

Putrayasa, I., Citrawan, I., & Santika, I. N. A. (2018). Pelatihan Double Leg Bound 10 Repetisi 3 Set Meningkatkan Daya Ledak Otot Tungkai Pada Olahraga Lompat Jauh Siswa Putra Kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 4(2), 38-43. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/137

Rofiq, A. (2009). Pengelolaan Kelas. Malang : Pusat Pengembangan dan Peberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kewarganegaraan dan IPS

Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Suryanata, I., Yasa, I. M., & Santika, I. N. A. (2018). Pelatihan Double Dot Drill 2 Repetisi 3 Set Meningkatkan Kelincahan Siswa Putra Peserta Ekstra Kurikuler Pencak Silat SMP Negeri 1 Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 4(1), 33-38. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/129

Wibawa, R., Sudiarta, N., & Santika, N. A. (2017). Pelatihan Plyometrics Knee Tuck Jump 5 Repetisi 5 Set Meningkatkan Daya Ledak Otot Tungkai Siswa Kelas X Jurusan Multimedia dan Lukis Tradisi SMK Negeri 1 Sukawati Gianyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 3(1), 34-41. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/215

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Prayoga, I. G. A. B., Sugianta, I. W., & Suarjana, I. N. (2022). MEMANFAATKAN PEMBELAJARAN RESIPROKAL DALAM BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BULUTANGKIS. Bajra : Jurnal Keolahragaan, 1(2), 52–60. https://doi.org/10.5281/zenodo.7124813